BPS Provinsi Jawa Barat,"KSA Award Padi" Kategori Respon Rate Terbaik - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat

Saksikan Rilis Berita Resmi Statistik pada tautan berikut | Telah Rilis Publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2024 di sini | Data Mencerdaskan Bangsa

BPS Provinsi Jawa Barat,"KSA Award Padi" Kategori Respon Rate Terbaik

BPS Provinsi Jawa Barat,"KSA Award Padi" Kategori Respon Rate Terbaik

3 April 2019 | Kegiatan Statistik


Reposted from @bps_statistics - Setelah KSA Padi, Lanjut KSA Jagung
.
"Kuning, panjang, berbulu apa hayo? Jagung!" sontak seisi ruangan Arcadia tertawa mendengar tebak-tebakan dari pembawa acara. Ya, tanaman jagung menjadi 'tokoh utama' yang dibicarakan dalam kegiatan BPS kali ini.
.
Setelah tahun lalu melakukan survei Kerangka Sampel Area (KSA) padi untuk menghitung luas lahan baku padi/data produksi padi, kini giliran jagung yang juga akan dihitung menggunakan metodologi KSA. The Alana Solo, dijadikan saksi sejarah Pelatihan Instruktur Nasional KSA Jagung yang dihadiri oleh perwakilan BPS provinsi se-Indonesia, kecuali BPS Provinsi DKI Jakarta (3/4).
.
Acara ini juga dihadiri dari BPPT, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pertanian, dan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, sebagai bentuk kolaborasi dan komunikasi. M. Habibullah, Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, bertindak sebagai pimpinan BPS yang membuka pelatihan.
.
Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, di mana hari pertama penguatan konsep dan teori, sedangkan hari kedua adalah tryout ujicoba ke lapangan di Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar. Tujuan tryout ini ada dua, yaitu untuk mengenal fase tumbuh jagung dan mengetahui bagaimana mekanisme KSA Jagung menggunakan aplikasi android yang dibuat.
.
Dalam acara ini juga diberikan "KSA Award Padi" kepada BPS provinsi yang berkinerja baik. Ada empat kategori, yaitu kategori respon rate terbaik yang dimenangkan BPS Provinsi Jawa Barat; kategori penggantian sampel paling sedikit yang dimenangkan BPS Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta; kategori konsistensi pengamatan terbaik dimenangkan oleh BPS Provinsi Gorontalo; dan juara umum yang dimenangkan BPS Provinsi Banten.
.
Sebagai informasi tambahan, setelah kegiatan pelatihan instruktur nasional ini selesai akan dilanjutkan dengan pelatihan di daerah. Sementara jadwal turun lapangan KSA jagung ini ditargetkan pada minggu terakhir bulan April 2019.
.
#GerakanCintaData
#KSA - #regrann
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Statistics of Jawa Barat)Jl. PHH. Mustofa No. 43 Bandung 40124

Jawa Barat - Indonesia

Telp: +62 22 7272595

Fax: +62 22 7213572

Mailbox: bps3200@bps.go.id; pst3200@bps.go.id.

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik