Webinar Kupas Tuntas Kemiskinan di Tengah Pandemi: “Memaknai Data dan Situasi Kemiskinan” - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat

Saksikan Rilis Berita Resmi Statistik pada tautan berikut | Telah Rilis Publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2024 di sini | Data Mencerdaskan Bangsa

Webinar Kupas Tuntas Kemiskinan di Tengah Pandemi: “Memaknai Data dan Situasi Kemiskinan”

Webinar Kupas Tuntas Kemiskinan di Tengah Pandemi: “Memaknai Data dan Situasi Kemiskinan”

22 September 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Registrasi di sini

Sejak ditemukan kasus pertama pada Maret 2020, kasus konfirmasi positif dan kasus aktif Covid-19 menunjukkan tren meningkat hingga 15 Juli 2021. Namun perlahan pertambahan jumlah kasus semakin melandai hingga saat ini. 

Selain berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat, pandemi Covid-19 juga berdampak signifikan pada peningkatan jumlah dan persentase penduduk miskin. Pada Maret 2021, jumlah penduduk miskin Jawa Barat menjadi 4,20 juta jiwa atau 8,40 persen dari total penduduk Jawa Barat. Meningkat sebanyak 275 ribu jiwa dibandingkan Maret 2020. 

Sampai saat ini data kemiskinan BPS masih menjadi rujukan utama bagi perencanaan dan evaluasi kebijakan pemerintah maupun stakeholders terkait dalam upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun demikian, dalam implementasi kebijakan pengentasan kemiskinan pada tataran makro maupun mikro, masih ada kesimpangsiuran terkait pemahaman indikator kemiskinan.

Apalagi di masa pandemi Covid-19, perubahan kondisi sosial ekonomi masyarakat bisa berubah cepat dan dinamis. Bagaimana rumahtangga yang dikategorikan tidak miskin secara seketika bisa berubah menjadi miskin. Utamanya ketika berkaitan dengan program perlindungan sosial. 

Berkaitan dengan kondisi di atas, BPS Provinsi Jawa Barat akan membahasnya dalam Webinar "Kupas Tuntas Kemiskinan di Tengah Pandemi: Memahami Data dan Situasi Kemiskinan" yang akan dilaksanakan pada:

Webinar terbuka untuk umum akan diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 22 September 2021, pukul 09.00-12.00 WIB.

Peserta akan mendapatkan fasilitas e-certificate dan hadiah menarik bagi yang beruntung.

Virtual Background dapat diunduh di sini
Silahkan mengisi daftar hadir dan feedback di sini
Materi kegiatan dapat diunduh di sini  
Sertifikat peserta akan tersedia di sini

#BPSJabarBerkibar
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Statistics of Jawa Barat)Jl. PHH. Mustofa No. 43 Bandung 40124

Jawa Barat - Indonesia

Telp: +62 22 7272595

Fax: +62 22 7213572

Mailbox: bps3200@bps.go.id; pst3200@bps.go.id.

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik