Pojok Statistik Unpad, Bentuk Kolaborasi Pemanfaatan Data Statistik - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat

Saksikan Rilis Berita Resmi Statistik pada tautan berikut | Telah Rilis Publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2024 di sini | Data Mencerdaskan Bangsa

Pojok Statistik Unpad, Bentuk Kolaborasi Pemanfaatan Data Statistik

Pojok Statistik Unpad, Bentuk Kolaborasi Pemanfaatan Data Statistik

7 September 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Kepala Badan Pusat Statistik RI (Dr. Margo Yuwono, M.Si) dan Rektor Universitas Padjadjaran  (Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE) meresmikan “Pojok Statistik Unpad”, Rabu (7/9/2022). Fasilitas yang berlokasi di lantai 2 Gedung Perpustakaan Pusat Unpad Kampus Jatinangor ini merupakan salah satu wujud kolaborasi BPS Provinsi Jawa Barat dengan Unpad (khususnya FMIPA).

Pojok Statistik Unpad ini merupakan Pojok Statistik Pertama yang diresmikan di Provinsi Jawa Barat. “Pojok Statistik adalah layanan BPS pada civitas academica. Harapannya, data yang ada di BPS bisa dikembangkan dengan sumber daya lainnya, sehingga dapat mendekatkan dengan konsumen utama dan bisa berkontribusi pada perkembangan pengetahuan,” ujar Margo (Kepala BPS).

Senada dengan Margo, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat Marsudijono, S.Si., M.M mengatakan bahwa Pojok Statistik hadir untuk mendekatkan informasi khususnya Bidang Statistik di ruang publik. “Dengan hadirnya Pojok Statistik di Universitas Padjadjaran ini diharapkan akan menjadi salah satu sarana peningkatan pelayanan publik yang akan bermanfaat bagi dosen, mahasiswa, untuk mengakses data serta informasi stastistik secara lebih mudah,” harap Marsudijono.

“Kehadiran Pojok Statistik harapannya akan melatih kita semua untuk menggunakan data yang benar dan akurat,” kata Rektor dalam sambutannya pada acara peresmian di Bale Sawala Unpad, Jatinangor.

Rektor berharap, Pojok Statistik akan dimanfaatkan secara optimal oleh sivitas akademika Unpad. Fasilitas ini bukan hanya untuk menyediakan data, tapi benar-benar membantu sivitas akademika Unpad untuk dapat memaknai data dengan benar. “Tantangannya di Pojok Statistik adalah bagaimana memberikan juga konsultasi membaca, mengolah, dan membunyikan data. Jadi Pojok Statistik tidak hanya menyediakan data, tetapi sekaligus hadir di sana nanti konsultan ataupun teman-teman dari Program Studi Statistik, dosen dan mahasiswa yang akan membantu kita semua memaknai data itu sendiri,” ujar Rektor.
 
Acara peresmian ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, para pimpinan BPS di kota/kabupaten se-Jawa Barat, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Hendarmawan, Dekan FMIPA Unpad Prof. Iman Rahayu, Ketua Forum Pendidikan Tinggi Statistika (Forstat) Indonesia yang juga Wakil Dekan I FMIPA Unpad Yudhie Andriyana, M.Sc., Ph.D, sejumlah pimpinan universitas dan fakultas di lingkungan Unpad, serta tamu undangan lainnya.

Selain peresmian, dalam acara tersebut juga digelar kuliah umum oleh Margo Yuwono dengan tema “Statistik untuk Indonesia Pulih dan Bangkit Lebih Kuat” di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. Kuliah umum tersebut dihadiri lebih dari 732 partisipan yang hadir secara luring maupun daring.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Statistics of Jawa Barat)Jl. PHH. Mustofa No. 43 Bandung 40124

Jawa Barat - Indonesia

Telp: +62 22 7272595

Fax: +62 22 7213572

Mailbox: bps3200@bps.go.id; pst3200@bps.go.id.

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik