Sosialisasi ST2023, Menuju Proses Bisnis dan Tata Kelola yang Paripurna - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat

Saksikan Rilis Berita Resmi Statistik pada tautan berikut | Telah Rilis Publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2024 di sini | Data Mencerdaskan Bangsa

Sosialisasi ST2023, Menuju Proses Bisnis dan Tata Kelola yang Paripurna

Sosialisasi ST2023, Menuju Proses Bisnis dan Tata Kelola yang Paripurna

5 Desember 2022 | Kegiatan Statistik


Dibuka dengan tarian Rampak Kendang serta tabuhan kendang yang dipimpin oleh Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M. Habibullah, kegiatan Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 (ST2023) dan Workshop Finaliasasi Bahan Ajar ST2023 resmi dibuka. Kegiatan yang bertujuan untuk menyosialisasikan tujuan ST2023, proses bisnis, dan tata kelola ST2023 kepada pihak internal dan eksternal BPS, serta finalisasi bahan ajar ST2023 ini diselenggarakan di Hotel Holiday Inn, Bandung Jawa Barat (Jabar), 5–9  Desember 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan BPS pusat, BPS provinsi, akademisi, serta perwakilan kementerian/lembaga terkait.
Kepala BPS provinsi Jawa Barat, Marsudijono menyampaikan bahwa ST2023 berusaha mengakodomir dampak revolusi data yang terjadi akibat dari perubahan ekosistem data. “BPS tidak bisa berkukuh hanya menyediakan data agregat. Semakin beragamnya kebutuhan data menuntut BPS sebagai penyedia data untuk memperkaya data hingga level rumah tangga pertanian, sekaligus  usaha pertanian di republik ini,” ujarnya.  
Sedangkan Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M. Habibullah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa isu pertanian yang mengemuka saat ini merupakan ancaman krisis pangan global yang berujung pada isu inflasi global. "Indonesia sangat beruntung karena masih bertahan di tengah ancaman tersebut. Menariknya, di Indonesia sektor pertanian merupakan sektor yang tumbuh positif,  jadi istilahnya menjadi bantalan ekonomi ketika masa pandemik. Dilhat hal lain penduduk yang bekerja di sektor ini juga tinggi, ada 26,61% dari 135,30 juta penduduk yang bekerja. Namun, rumah tangga miskin yang ada di Indonesia, 51,53 %, bekerja di sektor pertanian,” jelas Habibullah.
Di akhir sambutannya, Habibullah juga mengenalkan Agriculture Room yang merupakan kelompok kerja yang dibentuk sebagai katalisator informasi dan booster dalam jejaring kerja ST2023 serta menjamin bahwa ST2023 dilaksanakan sesuai dengan desain yang sudah ditentukan. Ia juga memberikan apresiasi kepada  BPS provinsi dan BPS kabupaten/kota yang telah mengekspos Agro dengan segala heterogenitas tampilan di masing-masing daerah. 
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Statistics of Jawa Barat)Jl. PHH. Mustofa No. 43 Bandung 40124

Jawa Barat - Indonesia

Telp: +62 22 7272595

Fax: +62 22 7213572

Mailbox: bps3200@bps.go.id; pst3200@bps.go.id.

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik