Wagub UU Dukung Desa Cantik Award - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat

Saksikan Rilis Berita Resmi Statistik pada tautan berikut | Telah Rilis Publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2024 di sini | Data Mencerdaskan Bangsa

Wagub UU Dukung Desa Cantik Award

Wagub UU Dukung Desa Cantik Award

21 Desember 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Kota Bandung -- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat gelar Desa Cantik Award 2022, Selasa, 21 Desember 2022 di Holiday Inn Hotel Bandung.
Desa Cantik merupakan program Quick Win BPS yang digulirkan sejak tahun 2021, dalam upaya mewujudkan Pembinaan Statistik Sektoral di tingkat Desa/Kelurahan. Dalam kerangka Satu Data Indonesia di level terkecil pemerintahan. Target utama dari program tersebut adalah adanya peningkatan literasi statistik pada Aparatur Desa.
Dari proses pembinaan yang dilakukan oleh BPS, yang mengikuti rangkaian penilaian ada sebanyak 35 Desa/Kelurahan se-Jawa Barat. Kemudian dipilih 12 besar ditahap berikutnya. Hingga akhirnya diperoleh 5 juara terbaik tahun 2022 untuk tingkat Jawa Barat.
Yang terpilih menjadi 5 desa cantik terbaik yaitu;
TERBAIK 1 : Desa Luragung Tonggoh Kab Kuningan
TERBAIK 2 : Desa Serang Kab Sumedang
TERBAIK 3 : Desa Wantilan Kab Subang
TERBAIK 4 : Kelurahan Derwati Kota Bandung
TERBAIK 5 : Kelurahan Pasir Kuda Kota Bogor
Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Ateng Hartono, berkesempatan membuka agenda Desa Cantik Award sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya Ateng Hartono menyampaikan bahwa data semakin bagus jika dipotret mulai dari desa. Sehingga peran kepala desa/kelurahan, aparat desa/kelurahan, agen/komunitas statistik sangat besar bagi keberlangsungan statistik di desa/kelurahan. "Saya berharap desa mampu mengelola dan memanfaatkan data statistik dalam mendukung pembangunan desa yang baik", ujar Ateng.
Sementara itu menutup agenda Desa Cantik Award, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memberikan penghargaan kepada 5 desa/kelurahan terbaik. Dalam sambutan penutup kegiatan, Wagub Uu menyampaikan harapannya agar kegiatan ini menjadi motivasi bagi semua desa agar lebih peduli lagi tentang data. Jika data dibangun dari lingkup terkecil yaitu desa bisa akurat, maka data Jawa Barat akan lebih kredibel. "Tugas pemimpin adalah membuat keputusan. Jika data yang dihasilkan akurat maka tugas pemimpin menjadi ringan untuk membuat keputusan demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera",ujar Uu menutup sambutannya.
Dalam kegiatan ini juga Kepala BPS Jabar, Marsudijono berkesempatan menyematkan jaket Sensus Pertanian 2023 (ST2023) kepada Wagub Jabar dan juga Deputi Statistik Sosial BPS, sebagai bagian dari publisitas ST2023 yang akan digelar tahun depan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Statistics of Jawa Barat)Jl. PHH. Mustofa No. 43 Bandung 40124

Jawa Barat - Indonesia

Telp: +62 22 7272595

Fax: +62 22 7213572

Mailbox: bps3200@bps.go.id; pst3200@bps.go.id.

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik