Workshop Evaluasi Data Hasil Pengolahan Survei Komuter 2023 Provinsi Jawa Barat - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat

Saksikan Rilis Berita Resmi Statistik pada tautan berikut | Telah Rilis Publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2024 di sini | Data Mencerdaskan Bangsa

Workshop Evaluasi Data Hasil Pengolahan Survei Komuter 2023 Provinsi Jawa Barat

Workshop Evaluasi Data Hasil Pengolahan Survei Komuter 2023 Provinsi Jawa Barat

20 November 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Workshop Evaluasi Data Hasil Pengolahan Survei Komuter, di Hotel Novotel Karawang 19-21 November 2023. Pada pembukaannya dihadiri oleh Dr. Ali Said selaku Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan BPS RI, Agus praptono selaku Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Jawa Barat Senin (20/11).

Tujuan kegiatan ini untuk melakukan evaluasi data survei komuter 2023 berdasarkan data entri pada webentry, melakukan perbaikan data Survei Komuter 2023 sehingga menghasilkan output data Survei Komuter 2023 yang berkualitas.

Dr. Ateng Hartono selaku Deputi Bidang Statistik Sosial juga berkesempatan menghadiri rangkaian kegiatan tersebut.

Dalam arahannya Dr. Ali Said menyampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat agar mencermati hasil tabulasi data-data pokok dan membandingkan dengan berbagai benchmark yang tersedia, memastikan data yang dihasilkan dapat terjelaskan dengan fenomena di lapangan, dan dilengkapi seluruh ketentuan administrasi kegiatan, kemudian sosialisasikan hasil pada stakeholder di daerah dan manfaatkan data yang dihasilkan untuk memperkaya khasanah keilmuan dan policymaking oleh pemerintah daerah.

Survei Komuter dilaksanakan di 30 Kabupaten/Kota di 5 Metropolitan: Jabodetabek (13 Kako), Sarbagita, Bali (4 kako), Patungraya Agung, Sumatera Selatan (4 Kako), Banjarbakula, Kalsel (5 Kako), Maminasata. Sulsel (4 Kako). Periode Lapangan dilaksanakan : 6-31 Oktober 2023​.

Data yang dikumpulkan berupa keterangan anggota rumah tangga​, keterangan rumah tangga​, keterangan umum komuter​, dan keterangan perjalanan komuter​. Adapun Indikator utama yang dihasilkan jumlah dan pola komuter (matriks arah dan tujuan), penggunaan moda, jarak durasi.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi di 5 wilayah metropolitan dan Kepala BPS Kab. Karawang, Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Jawa Barat, Kepala BPS kab/kota BPS Kab. Karawang, Peserta dari BPS Provinsi Sumsel, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Bali, Kalsel, Sulawesi Selatan psera Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Statistics of Jawa Barat)Jl. PHH. Mustofa No. 43 Bandung 40124

Jawa Barat - Indonesia

Telp: +62 22 7272595

Fax: +62 22 7213572

Mailbox: bps3200@bps.go.id; pst3200@bps.go.id.

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik