Webinar Jelajah Interkonektivitas Ekonomi Jawa Barat - News - BPS-Statistics Indonesia Jawa Barat Province

Saksikan Rilis Berita Resmi Statistik pada tautan berikut | Telah Rilis Publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2024 di sini | Data Mencerdaskan Bangsa

Webinar Jelajah Interkonektivitas Ekonomi Jawa Barat

Webinar Jelajah Interkonektivitas Ekonomi Jawa Barat

September 28, 2021 | Other Activities


Peranan daerah yang semakin besar dalam menunjang pembangunan nasional membutuhkan informasi dan indikator tentang interkonektivitas antar wilayah. Inter Regional Input Output (IRIO) merupakan alat analisis yang menyajikan informasi transaksi barang dan jasa seluruh aktivitas ekonomi serta saling keterkaitan antar satuan kegiatan ekonomi (sektor) dan antar wilayah (region) pada suatu periode tertentu.

Terbatasnya informasi dan indikator yang dapat memberikan gambaran secara rinci keterkaitan antar wilayah, menjadi salah salah penghambat sempurnanya perencanaan ekonomi spasial. Oleh karena itu, BPS diminta pemerintah untuk menyusun IRIO dalam rangka mendukung rencana pembangunan berbasis spasial. Penyusunan IRIO membutuhkan komitmen bersama dengan para stakeholder dan kolaborasi antar kementrian/lembaga terutama support berbagai jenis data yang dibutuhkan. Kegiatan sosialisasi IRIO ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi berbagai pihak untuk pemanfaatannya lebih lanjut. Salah satu manfaat IRIO adalah sebagai instrument analisis dalam menurunkan kesenjangan antar wilayah. Disamping itu kegiatan ini sebagai bentuk implentasi dari amanat Undang Undang Statistik No 16 Pasal 1997 dimana BPS sebagai unsur Pembina terhadap penyelenggara kegiatan statistik.

Berkaitan dengan hal tersebut, BPS Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan webinar dalam rangka sosialisasi IRIO dengan tema “Jelajah Interkonektivitas Ekonomi Jawa Barat” yang akan dilaksanakan pada:

Hari       : Selasa
Tanggal : 28 September 2021
Waktu   : 08.30 – 12.15 WIB

Peserta akan mendapatkan e-sertificate dan 10 hadiah menarik bagi penanya terpilih.

Registrasi dan kelengkapan Webinar IRIO dapat di klik di sini

#BPSJabarBerkibar
Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Statistics of Jawa Barat)Jl. PHH. Mustofa No. 43 Bandung 40124

Jawa Barat - Indonesia

Telp: +62 22 7272595

Fax: +62 22 7213572

Mailbox: bps3200@bps.go.id; pst3200@bps.go.id.

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia